Sebanyak 225 Siswa Madrasah di Kemenag Kabupaten Maluku Tengah Ikuti KSM

SHARE

Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Taslim Tuasikal, S.Ag., Membuka secara resmi kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat MA, MTs, dan MI di Lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Maluku Tengah.

Kegiatan KSM pada tahun ini bertema, “ Mandiri Berprestasi, Bangkitkan Negeri,”. Pembukaan KSM ini dipusatkan di Aula Kemenag Malteng, Sabtu, (13/8/22). Hadir dalam pembukaan, Kepala MA, MTs, dan MI di lingkup Kemenag Malteng, Guru Pembina, dan siswa-siswi peserta kompetisi.

“Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah merupakan wahana kompetisi yang mengkolaborasikan antara sains dengan konteks nilai-nilai keislaman.” Tegas Tuasikal dalam sambutannya.

 Menurutnya, menjadi catatan khususnya Madrasah di Maluku Tengah, bagi saya paling tidak ada 3 hal yang bisa dilakukan baik oleh orang tua, pembimbing bahkan stackholder Pemangku kepentingan Pendidikan agar anak-anak bisa dapat bersaing tentu kita harus Siapkan jauh sebelum kompetisi ataupun kegiatan lainnya.

“Pertama, memberi kebebasan dalam memberi respon menghadapi permasalah sehingga dapat diselesaikan solusinya. Kedua, membangun kemandirian, yakni dengan memberi kesempatan anak untuk dapat menyelesaikan permasalahannya sendiri. Ketiga, pendampingan, disinilah peran orang tua,guru pembina, guru bimbingan konseling dibutuhkan dalam memberi saran nasihat dan motivasi kepada anak untuk kembali bangkit agar siap kembali berkompetensi, terangnya.

Dengan dibukanya KSM tingkat Kabupaten Malteng, Tuasikal berharap terus semangat mengikuti lomba ini dan dapat meraih prestasi yang diharapkan.

“Semoga kita mendapatkan kontingen yang baik yang nantinya akan menuju ivent KSM Provinsi Maluku. Saya juga berharap motivasi seluruh peserta yang akan berlaga dihajatan bergengsi ini untuk menguatkan tekad dan niat serta dapat menghadapi kompetensi dengan baik,” ucapnya.