Pengawas Madrasah Kab.Maluku Tengah Melakukan Pendampingan Pelaksanaan Penyusunan Kisi-Kisi & Soal

SHARE

Masohi Inmas --- Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kab. Maluku Tengah Salma Pelupessy, M.Pd, melakukan pendampingan dan kunjungan kegiatan asesmen madrasah TP. 2023/2024 di madrasah binaannya Rabu, 3 Maret 2024. Beberapa madrasah yang sudah dikunjungi diantaranya MAN 2 Maluku Tengah, MAS Matlaul Anwar Masohi, MTsN 2 Maluku Tengah,MTs Matlaul Anwar Masohi, MTs Nurul Falah.MIN 1 Maluku Tengah dan MIS Nurul Falah Masohi.  

Penyelenggaraan Asesmen Madrasah diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 Tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Penyelenggaraan Asesmen Madrasah. Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengelolaan data/informasi untuk kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang ditetapkan.

Pengawas madrasah didampingi oleh Kepala Madrasah, memantau pelaksanaan asesmen madrasah yang seluruh Madrasah binaan pelakanaan AM berbasis Komputer. Tujuan kunjungan ini adalah mengevaluasi proses asesmen setelah sebelumnya memberikan bimbingan teknis kepada guru-guru dalam menyusun kisi-kisi dan naskah soal asesmen madrasah serta kepala madrasah dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Selama kunjungan, pengawas madrasah fokus pada beberapa aspek penting antara lain: Kualitas Soal Asasemen dan Kesesuaian Prosedur Asasemen yang di tetapkan Dirjen Pendis No 723 Tahun 2024. Dengan adanya pendampingan dan kunjungan dari pengawas madrasah,diharapkan penyelenggaraan Asesmen Madrasah akan lebih baik dan mutu pendidikan di madrasah khususnya di Kecamatan Kota Masohi dapat terus meningkat pungkasnya. (HUMAS)