Pj Bupati Maluku Tengah Lepas Jamaah Haji Maluku Tengah Musim Haji 1445 H / 2024 M

SHARE

Masohi Inmas --- Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Maluku Tengah resmi di lepas oleh PJ. Bupati Maluku Tengah Dr. Rakib Sahubawa menuju Asrama Haji Waiheru Ambon.

Acara pelepasan berlangsung di gedung Islamic Centre Masohi di hadiri oleh Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, FORKOPIMDA, Para Staf Ahli, Pimpinan Bank Penerima Setoran BPIH, Ketua MUI dan IPHI Kab Maluku Tengah Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam sambutanaya menyampaikan, jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, ini merupakan sebuah kehormatan dan kemuliaan yang di berikan, selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan selama berada di tanah suci saling membantu sesama dan jadilah duta yang baik bagi Kab. Maluku Tengah. 

Di akhir sambutanya PJ. Bupati mengucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan keberangkatan JCH hingga kembali nantinya. Semoga seluruh JCH Kab. Maluku Tengah kembali ke tanah air dengan selamat, sehat serta mendapat predikat Haji yang Mabrur. 

Sementara itu Mewakili Kepala Kantor Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Maluku Tengah Fauzi Latuconsina S. Ag selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji Kabupaten Maluku Tengah dalam laporanya mengatakan, Pelaksanaan musim haji 1445 H / 2024 M Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada semua Calon Jamaah Haji  Indonesia, dengan melakukan berbagai kegiatan termasuk di Kabupaten Maluku Tengah. 

Di antaranya adalah melakukan manasik Haji 8 kali pertemuan yang di laksanakan oleh KUA Kecamatan, dan Manasik Haji Kementerian Agama Kab. Maluku Tengah Tingkat Kabupaten sebanyak 2 kali, Pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin meningitis oleh Dinas Kesehatan yang di lakukan oleh puskesmas dan RSUD selaku pelaksana tekhnis, melaksanakan pelepasan JCH dan membiayai akomodasi dari Masohi ke asrama haji Waiheru dan insya Allah hingga penjemputan nantinya. 

Harapan kami kiranya kedepan pelayanan pembuatan paspor JCH dengan dukungan anggaran dari pemda Kab. Maluku Tengah sehingga petugas Imigrasi Ambon dapat di datangkan di kota Masohi. Selanjutnya di kakatakan, JCH asal Maluku Tengah akan tergabung dalam kelompok terbang kloter 30, jumlah kuota untuk JCH Maluku Tengah sebanyak 150 orang namun, karena kendala kesehatan satu orang tidak dapat di berangkatkan sehingga yang siap di berangkatkan berjumlah 149 orang. 

Ke 149 JCH Maluku Tengah terdiri dari 59 laki - laki dan dan 91 Perempuan, berdasarkan usia calon JCH termuda atas nama Resky Lewenussa  22 tahun asal Kecamatan Kota Masohi dan usia tertua atas nama Hadiah Ely 84 tahun asal Kecamatan Leihitu.

JCH Maluku Tengah akan di berangkatkan dengan menggunakan pesawat Lion Air ke makasar pada pukul 16:10 Wit dan tiba di Makassar pukul17:10 Wita, selanjutnya JCH Transit dan di berangkatkan dengan pesawat Garuda Nomor penerbangan GIA1130, melalui Embarkasi Makassar menuju Jeddah pada tanggal 02 Juni 2024 pukul 23:10 Wita dan di perkirakan tiba tanggal  03 Juni 2024 pukul 05:05 Waktu Arab Saudi. Jelasnya (***).